Senin, 29 Juli 2013

Rubik Plastik, Bola Plastik Warna Warni

Rubik Plastik yang terbuat dari Bola Plastik Warna Warni atau yang lebih kita kenal adalah Magic Cube sekarang di gemari banyak kalangan anak, remaja, sampai orang kantor sangat menggemari permainan ini. Permainan ini sangat cocok klo kita sedang menunggu dan tidak ada suatu kerjaan. Rubik ini suatu permainan yang cukup bervariasi, mulai dari rubik kubus, kubus tanpa poros, bola, heksagonal, dan lain-lain. Namun yang paling terkenal adalah rubik kubus dengan dimensi 3x3 karena lebih tenar di pandangan publik. Dengan rasa penasaran serta rasa keingintahuan yang besar, pastilah mereka ingin tau cara permainannya. Namun kemenangan ini ditandai apabila bisa menyusun enam warna pada tiap sisi kubus atau rubik menjadi sama. Rubik sendiri punya trik dan cara untuk menyelesaikannya dapat dilihat dari situs internet seperti virkill.com atau rubikku.ning.com. Rubik bisa di beli di toko mainan, biasanya dijual dengan harga sekitar lima ribu sampai dua puluh ribu rupiah, tapi rubik seharga itu gampang cepat rusak satu-dua minggu. Untuk yang harga lima puluh ribu ini warnanya putih, plastik, dan pegasnya lebik baik. Sedangkan diatas seratus ribu ini rubik kelas atas, original, eastheen, V-cube, dan DIY. Apabila menginginkan yang original, bisa merujuk kerubik si virkill, ini cubesolver yang berpengalaman dari Indonesia. Harganya pun cukup murah, lebih murah dibandingkan harga aslinya. untuk itu Rubik Plastik, Bola Plastik Warna Warni ini harganya sangat terjangkau karena terbuat dari bahan plastik yang murah meriah

Sejarah terbentuknya permainan rubik

Rubik ditemukan dan dibuat pada tahun 1974 di ibukota Hungaria. Sebelumnya Erno Rubik adalah seorang pengajar saat mengajarnya ini lebih suka model nyata terbuat dari kertas, kertas karton, kayu atau plastik untuk media komunikasi dan penjelasaan serta dapat mudah di ingat oleh mahasiswanya. Akhirnya Erno Rubik menemukan permainan rubik yang dinamakan berasal dari nama belakangnya. dalam perkembangannya rubik tidak hanya dari kayu namun juga bisa dibuat dari bahan plastik yang dinamawan dengan Rubik Plastik dengan bentuk Bola Plastik Warna Warni. Dan pada tahun 1975 mematenkan dengan nama Magic Cube yang buatannya diproduksi secara massal. Akhirnya Rubik’s Cube di ekspor dari Hungaria pada Mei 1980. Kemudian selama bertahun-tahun Erno Rubik terus memproduksi mainan di tujuh kota dan mencoba untuk membuat puzzle baru. Pemegang rekor speedcuber saat ini adalah Erik Akkersdiik dengan waktu 7.08 detik. Sedangkan rekor tercepat menyelesaikan Kubus Rubik ini berhasil dicetak pada acara HUT MURI pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Oleh Abel Brata Susilo dengan waktu 19.33 detik.

Pengaruh dan manfaat rubik


            Untuk memainkan rubik ini ada tantangan tersendiri yaitu dapat mengembalikan semua enam sisi kubus menjadi warna aslinya yang memiliki efek hipnotis tanpa mengenal umur, pekerjaan, kekayaan serta kedudukan sosial. Biasanya dengan adanya perkembangan rubik yang melanda dunia ini dapat membuat anak muda, anak sekolah, serta mahasiswa di barisan terdepan. Mereka adalah orang-orang yang terbukti dan mampu memecahkan teka-teki membentuk club rubik’s cube, mengatur tata cara kompetisi rubik, dan rela sakit di pergelangan tangan untuk bermain rubik dalam waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk teka-teki tiga dimensi dan misterius itu. Rubik disini mempunyai manfaat yaitu, melatih saraf sensorik, dan melatih  daya ingat serta melatih logika geometri atau susun bangun dalam kerangka otak pemain rubik. jadi jelas sudah rubik dalam hal ini rubik plastik selain harganya lebih murah Rubik Plastik bentuk Bola Plastik Warna warni dapat bermanfaat untuk pembelajaran dan sebagai mainan edukatif.