Selasa, 30 Juli 2013

Aneka Pilihan Permainan Edukatif dari Produsen Bola Plastik

Pada kesempatan kali ini kami mengulas tentang aneka pilihan Permainan Edukatif dari Produsen Bola Plastik yang pastinya akan banyak memberikan manfaat dan masukan yang sangat berharga bagi anda yang memiliki putra dan putri yang sedang dalam tahap perkembangan dan sedang senang senangnya mencari hal-hal baru disekitarnya.  Anda harus mengetahui stimulasi yang tepat untuk di berikan  pada  bayi usia ini di antara tumbuh kembang dan edukasi yang bisa diberikan bisa dilakukan dengan berbagai bentuk diataranya :

1.Mainan bergerak.
Seperti mainan seluncur seperti sliding car atau sliding ball. Mainan lainnya seperti bola plastik, baling-baling, pesawat yang digantung lalu berputar, atau ikan yang bergerak di dalam kolam bisa jadi pilihan. Sedangkan manfaat stimulasi ini adalah untuk melatih respons mata pada bayi untuk bergerak dan melihat benda bergerak. Mengenal aneka warna, bentuk, dan menambah kosakata nama-nama mainan. Melatih kemampuan motorik dan sensorik ketika bayi berusaha memegang benda itu.

2. Buku cerita.
Untuk cerita pilihlah buku dongeng yang aneka konturnya  halus, kasar, keras. Pop-up itu gambar yang muncul atau timbul, bisa diremas, atau terbuat dari kain. Cara membaca dongeng in harus lembut, jangan intonasi dengan suara keras. Dan cukup dibaca beberapa menit saja agar bayi bisa memahami buku bacaan tadi. Sedangkan manfaatnya memperkaya kosakata bayi, sehingga kemampuan bicaranya lebih terasah. Pesan moral nya di dalam dongeng ini bisa jadi bekal bayi untuk berperilaku. Buku dongeng yang lebih interaktif  bisa menstimulasikan kemampuan motorik, sensorik, daya ingin tahu dan kreativitas bayi.

3. Peralatan rumah tangga.
Misalnya, peralatan makan, peralatan masak, stoples plastik, bahkan kursi plastik. Biasanya peralatan makan digunakan sebagai alat pukul yang menghasilkan suara. Stoples plastik bisa dipukul-pukul. Sedangkan peralatan dapur bisa untuk main masak-masakan, dan kursi plastic bisa didorong-dorong untuk belajar berjalan. Manfaatnya, dari peralatan rumah tangga ini menstimulasi kemampuan motorik, pengetahuan, daya eksplorasi, juga pancaindra.

4. Mainan dan benda bergerak.

Coba berikan mainan atau benda yang menarik perhatian bayi,  lalu letakkan mainan atau benda sekitar satu meter didepannya. Biasanya bayi akan berusaha meraihnya dengan merayap atau merangkak. Kemudian letakkan lebih jauh sehingga  kemampuan bayi meningkat. Manfaat stimulasi ini di antaranya, meningkatkan kemampuan koordinasi motorik, kekuatan otot-otot, dan ketangguhan bayi ketika berusaha meraih benda. Menstimulasi kemampuan sensori jika benda yang digunakan beraneka warna dan konturnya berbeda-beda.

Dari berbagai cara diatas tentunya kita dapat menyesuaikan pola perkembangan balita kita dan menyesuaikan dengan umur anak sehingga semua kebutuhan perkembangan sensori anak akan senantiasa dapat dirangsang dan akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan anak. dengan kita mengetahui aneka pilihan permainan edukatif dari produsen bola plastik yang disampaikan diatas diharapkan memudahkan kita dalam mendidik anak-anak kita.